Pemda-KH Harapkan Masuknya Indomaret Serap Tenaga Kerja Lokal - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, January 25, 2022

Pemda-KH Harapkan Masuknya Indomaret Serap Tenaga Kerja Lokal

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Peluang investasi baru muncul di Kapuas Hulu, pasalnya dalam waktu dekat Indomaret bakal buka cabang di ujung timur wilayah Kalimantan Barat ini. Hal ini disampaikan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu  (DPMPTSP) Kapuas Hulu.

Kepala DPMPTSP Kapuas Hulu, Didik Widiyanto menuturkan pihak Indomaret di Kalimantan Barat telah berkomunikasi dengan Pemda Kapuas Hulu, untuk rencana awal investasi. Bahkan pihak Indomaret tersebut sudah bertemu Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan. "Kemaren sudah bertemu juga dengan Bupati, dan pak Bupati menyambut baik," tegasnya, belum lama ini.
Terkait imbasnya kehadiran Indomaret, dengan perekonomian masyarakat, menurut Didik, itu berdampak langsung. Pasalnya ada konsep dimana pengembangan usahanya membuka peluang kerjasama dengan masyarakat. Tanah milik masyarakat nanti dibangun tokonya kemudian kalau sudah habis masa usahanya itu balik lagi ke masyarakat. "Ini juga jadi peluang bagi masyarakat yang nanti bisa jadi mitranya Indomaret. Namun saat ini belum sampai ke situ, karena pihak terkait masih menentukan lokasi pembangunan yang tepat," ujarnya.
Sementara Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membenarkan bahwa pihak Indomaret di Kalbar sudah bertemu dengan dirinya. Bupati menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu membuka peluang bagi Investor sepanjang memberi keuntungan bagi daerah dan masyarakat.
Dari pengamatan Pemda, hadirnya investasi serupa yang dijalankan Indomaret, yakni Alfamart, tidak mematikan usaha masyarakat lokal. Kemudian ada sisi positif lain yakni penyerapan tenaga kerja serta membuka peluang investasi bagi masyarakat yang mau bermitra. "Maka kita juga menyambut baik investasi yang berpihak ke daerah dan juga masyarakat," tuturnya.
Bupati juga melihat ada manfaat lain dari sisi stabilitas harga pokok. Sebab harga produk di Indomaret itu stabil. "Jadi ini membantu kita menstabilkan harga juga," timpalnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad