4000 Petani Karet Sasaran Program Karet Alam Berkelanjutan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, January 27, 2022

4000 Petani Karet Sasaran Program Karet Alam Berkelanjutan

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memberi arahan dalam kegiatan perluasa program karet alam berkelanjutan di Aula Distan dan Pangan Kapuas Hulu, Rabu (26/1/2022)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menghadiri pertemuan terkait peresmian perluasan program karet alam berkelanjutan melalui skema kemitraan pembangunan terpadu dan sektor swasta. Kegiatan dilakukan di Aula Pertemuan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kapuas Hulu, Rabu (26/1/2022).
Dalam sambutannya Wabup Kapuas Hulu, Wahyu menyampaikan bahwa penurunan harga karet yang diterima petani yang menyebabkan banyak kebun karet ditinggalkan petani. Oleh sebab itu program karet alam ini perlu dilaksanakan.
"Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah bekerjasama dengan GIZ, pada tahun 2019, telah diresmikan program karet alam berkelanjutan ini," ujar Wahyu.
Perluasan program kerjasama ini adalah sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, khususnya untuk membantu meningkatkan pendapatan dan ekonomi petani karet disetiap kecamatan yang mengunggulkan produk hasil alam karet.
"Perluasan program kerjasama ini adalah sebagai bentuk komitmen dan keseriusan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu khususnya untuk membantu meningkatkan pendapatan dan ekonomi petani karet," paparnya.
Sebagai target, lanjut Wahyu, sedikitnya 4,000 petani karet dapat bergabung, dilatih dan didampingi. Produk karet mutu baik yang sesuai standard dapat dibeli langsung oleh perusahaan dengan harga yang di baik. "Ada sembilan kecamatan yang menjadi lokasi program yaitu Kecamatan Hulu Gurung, Silat Hulu, Silat Hilir, Seberuang, Boyan Tanjung, Kalis, Batang Lupar, Embaloh Hulu dan Embaloh Hilir," tutupnya. 

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad