Hadiri HKN, Bupati Sis Sampaikan Vaksinasi Kapuas Hulu Sudah 52 Persen - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, December 6, 2021

Hadiri HKN, Bupati Sis Sampaikan Vaksinasi Kapuas Hulu Sudah 52 Persen

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memotong tumpeng simbol peringatan HKN ke 57 di Dinkes Kapuas Hulu, Senin (6/12/2021)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menghadiri peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 57 yang diadakan Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Senin (6/12/2021). Pada kesempatan itu Bupati Sis menyampaikan bahwa vaksinasi Kapuas Hulu telah mencapai 52,31 persen, ini tercatat pada 4 Desember 2021.

Terkait HKN, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kapuas Hulu, Sudarso menuturkan HKN ke 57 mengangkat tema sehat negeriku tumbuh Indonesiaku. HKN ini pertamakali diadakan pada tahun 1959, ini dilakukan dan dibuka oleh Presiden Sukarno. "Saat itu juga ada kegiatan penyemprotan atau fogging malaria dan sosialisasi malaria," ujarnya.

Terkait tema HKN, lanjut Sudarso, ini harus dijadikan momentum untuk melakukan edukasi ubah perilaku dan meningkatkan partisipasi masyarakat, baik itu terkait prokes, vaksinasi dan kontribusi multi pihak dalam mendorong suksesnya penanganan covid-19.

"Peringatan HKN ini momentum untuk kita satukan tekat dan semangat untuk perjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia. Selain itu kita juga upayakan pencegah penyebaran informasi hoax terkait covid-19," tuntas Sudarso.


Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, menegaskan berbagai upaya sudah dilakukan untuk mengantisipasi dan menurunkan kasus covid-19. Semuanya harus mencegah penularan, waspada diri sebab potensi lonjakan dapat terjadi bukan hanya dari Covid yang dapat bermutasi, namun dari perilaku. "Prokes harus terus kita jalankan dengan disiplin dan langkah yang tidak berhenti, agar kita bisa mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19," tegas Bupati Sis.

Capaian vaksin di Kapuas Hulu, kata Bupati Sis, sudah lebih dari 50 persen, maka dari itu Pemda Kapuas Hulu mengucapakan banyak terimakasih kepada relawan dan organisasi kemasyarakatan yang telah membantu Pemda. Tanggal 4 Desember 2021, terdata oleh Dinkes Kapuas Hulu, vaksinasi sudah mencapai 52,31 persen, jadi masih memerlukan 31 persen lagi. 

"Kami bangga sekali bahwa berbagai ormas turut berpartisipasi, organisasi kepemudaan, parpol, TNI Polri," tuturnya.

Untuk stok vaksin, kata Bupati Sis, di Kapuas Hulu memang terbatas maka Pemda berharap agar stok tersebut bisa ditambah. Ia menilai semangat nakes dan semua Puskesmas sangat luar biasa, hanya saja kuota yang kurang, karena saat ini Pemprov menunggu jatah dari Pemerintah Pusat.

Trend penularan Covid-19 memang menurun, namun jangan lengah, tetap waspada dan disiplin Prokes. Karena saya melihat beberapa tempat yang kita datangi agak kendor. Pandemi Covid-19 belum berakhir maka perlu edukasi dari semua pihak. "Sehingga Covid-19 hilang dan kehidupan kita normal kembali agar selalu memberikan pemahaman," ungkap Bupati Sis.

Kegiatan HKN turut disaksikan perwakilan Forkopimda Kapuas Hulu, jajaran Dinkes Kapuas Hulu. Pada momen tersebut Bupati turut menyerahkan secara simbolis dua mobil ambulance baru pengadaan Dinkes Kapuas Hulu. Kemudian Bupati menyerahkan penghargaan kepada semua pihak yang telah ikut mendorong percepatan vaksinasi Covid-19 di Kapuas Hulu.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad