Sampaikan Kondisi Abrasi di Abutment Jembatan Kapuas ke Menteri PUPR - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, November 26, 2021

Sampaikan Kondisi Abrasi di Abutment Jembatan Kapuas ke Menteri PUPR

Foto: Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat berada di Bandara Pangsuma Putussibau, Jumat (26/11/2021).

Kapuas Hulu - Kondisi jembatan Kapuas yang menghubungkan kecamatan Putussibau Selatan dan Putussibau Utara terancam abrasi. Bagian abutment di arah Putussibau Selatan telah tergerus abrasi sungai Kapuas demikian pula rumah warga di sekitar jembatan tersebut. Keadaan ini disampaikan oleh Pemda Kapuas Hulu ke Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono saat bertemu di Bandara Pangsuma Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (26/11/2021).
"Terkait abutment jembatan Kapuas sudah saya dan pak Bupati Sis sampaikan ke Kementerian PUPR, semoga Kementerian PUPR bisa mengakomodir pembangunan kawasan disekitar abodmen jembatan tersebut," ujar Wahyu, saat ditemui di gedung DPRD Kapuas Hulu, Jumat (26/11/2021).
Menurut Wahyu ada masukan dari Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR terkait abutment. Pembangunannya memang harus agak jauh dari bibir pantai. "Dari Dirjen Bina Marga menjelaskan seharusnya abutmen itu dibangun tidak di bibir sungai tapi lebih ke belakang. Semoga ada solusi dari Kementerian PU kedepannya agar jembatan Kapuas yang juga ikon Kapuas Hulu ini bisa tetap kokoh," ujarnya.
Selain jembatan Kapuas, kata Wahyu saat ketemu Menteri Basuki, dirinya dan Bupati Kapuas Hulu Sis sudah menceritakan berbagai kebutuhan pembangunan di Kapuas Hulu. Hal ini untuk mengupayakan pembangunan yang lebih maksimal untuk Kapuas Hulu Hebat. "Masyarakat Kapuas Hulu tentu berharap kedepan banyak bantuan yang dilakukan Kementerian PUPR di Kapuas Hulu," ujar Wahyu.
Selain itu, Wahyu juga mengatakan bahwa Menteri Basuki juga ingin meninjau salah satu danau yang sudah kering. Mungkin ada upaya lanjutan agar danau tersebut berfungsi baik. "Tadi sempat saya sampaikan juga ada danau yang sudah mati fungsinya dan mengering. Untuk mencapai ke sana harus mengitari rumah warga dan bau, tetapi pak Menteri tadi menyatakan mau kesana," tuntasnya. 

Penulis : Yohanes Santoso



No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad