Susun Strategi Cegah Infalsi dan Deflasi di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, October 28, 2021

Susun Strategi Cegah Infalsi dan Deflasi di Kapuas Hulu

Foto: Sekda Kapuas Hulu, Mohd Zaini

Kapuas Hulu - Sekda Kapuas Hulu, H. Mohd Zaini menghadiri acara Rapat Koordinasi Pusat Daerah (Rakorpusda) pengendalian inflasi tahun 2021dengan tema "sinergi pusat dan daerah dalam rangka stabilisasi inflasi dan mendorong pemulihan ekonomi nasional melalui peningkatan peran digitalisasi,". Kegiatan tersebut dilaksanakan secara virtual di aula Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Kamis (28/10/2021). 

Pada kesempatan tersebut Sekda Kabupaten Kapuas Hulu, Mohd Zaini, menyampaikan untuk mencapai sasaran pertumbuhan ekonomi dan tingkat inflasi yang stabil, itu membutuhkan kerja keras bersama antara Pusat-Daerah. Mengingat perekonomian global yang terus berubah dan fluktuasi harga kebutuhan pokok, itu mengakibatkan peningkatan inflasi dan berimbas pada menurunnya daya beli. "Khususnya masyarakat yang berpendapatan rendah," ujarnya. 
Persoalan struktural terkait dengan harga di daerah, kata Zaini, itu berkaitan dengan kemandirian pangan, energi, distribusi dan rendahnya konektifitas antar daerah. Faktor-faktor ini menjadi sorotan didalam Rakorpusda hari ini. Ini jadi tantangan dalam mengendalikan inflasi oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah baik oleh Pemerintah Pusat dan juga Pemerintah Kabupaten.
"Keterbatasan infrastruktur di daerah juga jadi salah satu faktor. Potensi sumber daya alam ada tetapi miskin infrastruktur, ini membuat biaya ekonomi menjadi tinggi," ujarnya. 
Zaini berharap, dengan adanya rapat koordinasi tersebut pemerintah daerah bisa melaksanakan terkait dengan terjadinya inflasi maupun deflasi. Terkait dengan hal tersebut maka ada  saran dan masukan untuk upaya-upaya untuk mencegah terjadinya inflasi maupun deflasi yang ada di daerah. 
"Untuk menjaga stabilitas harga itu diharapkan Pemerintah Daerah itu harus bagaimana solusi atau langkah langkah yang harus dilakukan," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad