Putussibau Banjir, Kecamatan Pesisir Kapuas di Kapuas Hulu Beresiko Terdampak - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, August 23, 2021

Putussibau Banjir, Kecamatan Pesisir Kapuas di Kapuas Hulu Beresiko Terdampak

Foto: Kondisi Banjir di kota Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Senin (23/8/2021)/Istimewa

Kapuas Hulu - Kota Putussibau, kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat dilanda banjir, Senin (23/8/2021). Ini akibat cuaca ektrim beberapa pekan terakhir hingga membuat air sungai Kapuas dan beberapa anak sungai lainnya meluap, hingga menggenangi pemukiman warga.

Pembina Tim Reaksi Cepat Pramuka Peduli, Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu, Aliyanto mengatakan pihaknya mendapat data banjir telah menggenangi kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika, Kalis dan Mentebah. Namun untuk kecamatan pesisir sungai Kapuas, seperti Embaloh Hilir, Bunut Hilir, Jongkong, Selimbau, Semitau dan Silat Hilir, turut berpotensi banjir. "Kecamatan di bantaran Kapuas harus siaga, mengingat banjir di Putussibau cukup besar. Kemungkinan di kecamatan yang berada di bantaran sungai Kapuas akan terjadi banjir juga," ujarnya, Senin (23/8/2021).

Aliyanto mengajak masyarakat tetap waspada sembari mengikuti informasi perkembangan cuaca yang ada. Apabila curah hujan semakin tinggi di perhuluan sungai Kapuas, persiapkan diri untuk evakuasi. "Siapkan diri untuk evakuasi barang-barang berharga, tetap bergotong royong membantu sesama bila banjir terjadi," tegasnya.

Dari pihak TRC Pramuka Peduli, kata Aliyanto, akan memonitor terus keadaan. Bila semakin besar dan perlu melakukan evakuasi korban, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pemda Kapuas Hulu. "Utamanya penentuan titik-titik pengungsian sementara untuk masyarkat yang jadi korban banjir ini," tuntasnya.

Scr: TRC Pramuka Peduli Kwarcab Pramuka Kapuas Hulu.
Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad