Bupati Minta GIZ Kaji Pengembangan dan Pemasaran Kratom - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, June 3, 2021

Bupati Minta GIZ Kaji Pengembangan dan Pemasaran Kratom

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi arahan dalam kegiatan bersama GIZ dan Konselor Jerman untuk Indonesia, di Pendopo Bupati Kapuas Hulu, Kalbar, Kamis (3/6/2021)/yohanes santoso

Kapuas Hulu - GIZ merupakan salah satu Badan Usaha pemerintahan Jerman yang aktif melakukan program pembangunan berkelanjutan di kabupaten Kapuas Hulu. Pembangunan berkelanjutan tersebut adalah komitmen kerjasama Pemerintah Indonesia dan Jerman.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengharapkan agar GIZ turut mengkaji dukungan pengembangan dan pemasaran komoditi kratom. Komoditi yang ramah lingkungan namun memberi manfaat ekonomis sebagai komoditi ekspor dari Indonesia ke Amerika dan beberapa negara lain. "Kita harap Kratom atau Purik bisa dikaji oleh GIZ agar ini bisa dipasarkan keluar," ujarnya saat penandatanganan adendum MoU dengan GIZ di pendopo Bupati Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kamis (3/6/2021).
Tentunya hal itu, kata Bupati, perlu ada upaya pembinaan, akses ke pembeli dan kualitas produk yang baik sehingga masyarakat Kapuas Hulu bisa terima dampak ekonominya secara langsung. Selain membina petani karet dan kelapa sawit yang akan dibina lewat program SASCI dan SASCI+ oleh GIZ. "Ini agar harga kratom di masyarakat juga lebih baik," tegasnya.
Komoditi kratom saat ini banyak dilakoni masyarakat Kapuas Hulu. Sebab itu Bupati menginginkan GIZ bisa memprogramkan terkait pemasaran kratom atau kajian ilmiah terkait manfaat kratom, sehingga mendukung komoditi tersebut di pasar global.
"Kami berharap kratom bisa didukung kedepan. Kapuas Hulu punya kratom yang baik," tuntasnya.

Penulis: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad