Lanjutan Pembangunan Pasar Dogom Permai, DKUP- KH Anggarkan Rp 192 juta - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Friday, February 19, 2021

Lanjutan Pembangunan Pasar Dogom Permai, DKUP- KH Anggarkan Rp 192 juta

Foto: Kasianus Kintoi, Kabid Perdagangan DKUP Kapuas Hulu/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Koperasi Dan UKM Dan Perdagangan Kabupaten Kapuas Hulu, Kasianus Kintoi mengatakan, pembangunan pasar dogom permai pada tahun ini kembali di lanjutkan. Pasalnya ada beberapa fasilitas yang belum terselesaikan.
"Listrik, leding, serta tong air sudah disiapkan, kita hanya lanjutkan fasilitas yang masih kurang. Pertengahan tahun ini pasar dogom permai akan kembali dibuka," katanya saat ditemui di Kantornya Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Rabu (17/2/2021). 

Kintoi mengatakan, pembangunan yang akan di lanjutkan diantaranya pengecatan tiang besi yang diatas dan pipa pengalihan air ke sungai yang sekitar empat sambungan. Kemudian akan dibangunkan kantor untuk pengelola dan lainya. "Nanti akan dibuat semacam kantor pengelola, serta fasilitas lainnya," kata Kintoi. 
Ia menambahkan terkait anggaran yang di gunakan untuk pembangunan fisik di pasar dogom permai tersebut berjumlah Rp.175 juta dan ditambah dengan biaya konsultan biasa dan konsultan pengawas total anggaran sebanyak Rp.192 juta. Angaran tersebut belum dilakukan pemotongan pajak. "Itu anggaran yang di gunakan untuk pembangunan lanjutan," ucapnya. 

Kintoi mengatakan, terkait pembukaan pasar dogom permai nantinya, petugas akan mendata kembali pelaku  usaha, terutama yang berjualan di pinggir jalan luar pasar pagi. Bagi pedagang yang berminat, nanti akan diberikan blangko. "Kami akan mendata pedagang, bagi yang berminat nanti kami beri blangko,"ujarnya. 

Kintoi mengatakan, di pasar dogom permai memiliki lapak berjumlah 174, kios sebanyak 26 unit. Tempat tersebut bisa digunakan untuk berbagai jenis dagangan, seperti sayur - sayuran, daging ayam, daging sapi, dan sebagainya. "Kalo jumlah total lapak dan kios sebanyak 200," katanya. 

Kintoi mengatakan, bila pasar dogom permai sudah kembali di buka, tidak ada lagi pedagang yang berjualan di pinggir jalan Diponegoro, kawasan pasar pagi. Demikian pula pedagang kaki lima di depan Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas Hulu, akan dilakukan penertiban. "Kami akan berusaha untuk menertibkan pedagang baik yang jual dekat badan jalan, termasuk didepan Dinas Kesehatan, walau agak susah kami akan upayakan lebih tertib lagi," tuntasnya. 

Penulis : Rovi Andila
Editor : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad