Pemilu Aman dan Damai, Lintas Agama di Kapuas Hulu Gelar Doa Bersama - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, March 9, 2024

Pemilu Aman dan Damai, Lintas Agama di Kapuas Hulu Gelar Doa Bersama


Foto: Foto bersama saat kegiatan doa bersama di gedung Sekretariat FKUB Kapuas Hulu, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Sabtu (9/3/2024)/ Istimewa 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Penyelenggaraan Pemilu pada 14 Februari 2024 telah berlangsung dengan aman dan damai di Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Sebagai bentuk ucapan syukur akan hal itu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kapuas Hulu menginisiasi kegiatan doa bersama lintas agama. Kegiatan tersebut diadakan di gedung FKUB Kapuas Hulu, Jl. Kom Yos Sudarso Kecamatan Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Pukul 09.30 Wib, Sabtu (9/3/2024)
Ketua FKUB Kabupaten Kapuas Hulu, H. Zainuddin, mengatakan bahwa sebuah doa mengandung banyak makna, salah satunya adalah wujud merendahkan diri dihadapan Tuhan untuk memohon bantuan Tuhan dalam segala hal.
"Beberapa waktu lalu kita telah melewati masa pesta demokrasi, puji sukur pemilu terlaksana dengan damai di wilayah kita. Sebab itu kita ucapkan terimakasih kepada Tuhan kita lewat doa," ujarnya
Zainuddin menegaskan bahwa doa bersama ini penting untuk dilaksanakan. Kegiatan ini meningkatkan persaudaraan antar umat beragama untuk tetap menjaga tali silahturahmi antar sesama anak bangsa. "Dengan begitu akan tercipta toleransi antar umat beragama serta kerukunan antar anak bangsa di Kapuas Hulu," ungkapnya.
Zainuddin menegaskan kegiatan ini bukan hanya kegiatan seremonial, melainkan membuahkan hasil untuk menciptakan Kapuas Hulu yang damai. Semakin banyak yang berkumpul dengan sesama, antar suku dan umat beragama, hal ini semakin memperkokoh rasa persaudaraan. "Kita bersama-sama jadi tidak mudah diprovokasi oknum tertentu yang mau memecah belah antar umat beragama," ujarnya "Konsep toleransi itu sangat lemah apabila kita tidak mengusung kesetaraan, maka konsep keseteraan harus kita terapkan sehingga tidak ada yang merasa tinggi dihadapan Tuhan," tuntasnya.

Kasdim 1206/ Putussibau, Mayor Inf Supriyono, mengatakan pihaknya mengapresiasi FKUB Kabupaten Kapuas Hulu dan seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan doa bersama lintas agama.  "Semoga kegiatan seperti ini terus kita laksanakan untuk meningkatkan tali silahturahmi kita," ujarnya.
Mayor Inf Supriyono mengapresiasi para tokoh agama, tokoh masyarakat dan para mahasiswa yang telah membantu aparat keamanan dalam menjaga keamanan selama tahapan Pemilu berlangsung. "Sebentar lagi kita akan melaksanakan pemilihan Bupati, dan Gubernur pesan kami mari kita kawal bersama selama tahapan berlangsung," ucapnya.
Mayor Inf Supriyono menuturkan jaman sekarang adalah jaman medsos, sebab itu masyarakat sebagai pengguna medsos harus lebih bijak. "Agar kita tidak termakan hoax atau berita bohong," ucapnya.

Waka Polres Kapuas Hulu, Kompol Dahomi Baleo Siregar menegaskan bahwa atas nama pimpinan dirinya mengucapkan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak, sehingga tahapan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan aman dan damai. Pemilu tidak akan berjalan dengan aman dan terkendali apabila tidak ada dukungan dari berbagai pihak.
"Kami dari pihak keamanan betul-betul merasakan betapa sulitnya tahapan Pemilu 2024,  puji syukur kepada Tuhan yang Maha Kuasa atas campur tangannya sehingga kita semua bisa menjalankan tugas masing-masing dengan baik, Pemilu pun aman dan damai," ujarnya.
Menjelang Pilkada 2024, kata Kompol Dahomi, Polres Kapuas Hulu sudah mempersiapkan Operasi Mantap Praja Kapuas dengan tujuan untuk mengawal Pilkada yang aman dan damai. "Semoga Pilkada nantinya bisa berjalan dengan baik, aman dan kondusif," tuntasnya.

Doa bersama dalam kegiatan ini dilakukan oleh H. Samsudin secara agam Islam, Pdt. Luther secara Kristen Protestan dan F. Impoi secara Katolik. Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kapuas Hulu, M. Yusuf Habibie, Sekertaris Dewan Adat Dayak (DAD) Kapuas Hulu, Antonius Itoni, Sekretaris Pemuda Pancasila (PP) Kapuas Hulu, Iman Sudjudi, Wakil Ketua Pemuda Katholik (PK) Kab. Kapuas Hulu, Ateng Surasty, Ketua BEM PDD Polnep Kapuas Hulu, Amizha Selomitha, Wakil Ketua BEM STIT IQRO' Kapuas Hulu, Jupita Ambarwati, perwakilan tokoh Agama Islam, Katholik dan Kristen Protestan di Putussibau, juga para Pengurus FKUB Kapuas Hulu. Kegiatan berlangsung khidmat dan selesai pada pukul 10.30 Wib.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad