Wabup Wahyu Minta Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu di TPS Rawan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, January 31, 2024

Wabup Wahyu Minta Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu di TPS Rawan


 Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat saat hadir dalam acara apel siaga dan launching TPS Rawan di gedung Volley Indoor Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri apel siaga dan launching Tempat Pemungutan Suara (TPS) Rawan yang diadakan Bawaslu Kapuas Hulu di gedung Volley Indoor Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024).
Dalam kegiatan itu, Wabup Kapuas Hulu mengatakan bahwa setiap instansi sudah ada tugas masing-masing dalam upaya mensukseskan pesta demokrasi. "Saya mengajak semua pihak, jujur, adil, aman dan nyaman, tertib dan kondusif. Mari kita komitmen mentaati aturan perundang-undangan yang berlaku," ucap pria yang akrab disapa Wahyu ini.
Dalam Pemilu serentak 2024 ini, Wahyu menegaskan bahwa Pemda Kapuas Hulu siap mendukung upaya pencegahan dan penindakan untuk mewujudkan keadilan pemilu. "Mari kita laksanakan amanat rakyat dengan sebaik-baiknya sesuai dengan kapasitas kita masing-masing," tuturnya.
Wahyu menyatakan TPS rawan tentu butuh kesiapan dan kesigapan Bawaslu di berbagai tingkatan. Semua hendaknya tegas meminimalisir dan mengeliminasinya. "Panwas wajib mencegah dan menekan potensi pelanggan mulai dari saat masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara," ujarnya.
Disisi lain, Wabup juga menghimbau kepada Bawaslu untuk memprioritaskan kesehatan. Jangan sampai terjadi hal yang tidak diinginkan. "Pemilu tahun ini, saya minta kalian jaga juga kesehatan, jangan sampai ada yang sakit dan bahkan meninggal dunia," tuntasnya.

Foto: Panwascam dan Panwas Desa se Kapuas Hulu hadir di volley indoor Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Rabu (31/1/2024)/ Yohanes Santoso 


Ketua Bawaslu Kapuas Hulu, Mustaan mengatakan bahwa semua personil Bawaslu sudah siap untuk menjaga kedaulatan hak pilih rakyat. "Kita tidak inginkan ada suara masyarakat yang dipindahkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.
Bawaslu merupakan ujung tombak menjaga demokrasi, supaya semua berjalan langsung, umum, bebas rahasia jujur dan adil. Tidak ada intervensi dari siapa pun terhadap Bawaslu.
"Saya minta seluruh jajaran Bawaslu, kita jaga hak konstitusional masyarakat Kapuas Hulu," tegasnya.
Terkait TPS rawan, kata Mustaan, itu bukan hanya berarti lokasinya rawan kerusuhan dan kekacauan tetapi termasuk lokasi yang berpotensi pemilihnya diwakilkan. "PSU (pemungutan suara ulang, red) wajib dilakukan bila terjadi hal ini," ujarnya.
Sebab ada sanksi administrasi, bahkan sanksi pidana terkait pelanggaran pemilih yang diwakilkan ini. Bawaslu juga akan dapat sangsi DKPP bila membiarkan pelanggaran tanpa PSU. "Agar PSU tidak terjadi mari semua pihak cegah pelanggaran ini di depan, jangan sampai itu terjadi, ada oknum yang gunakan hak pilih orang lain," tutur Ketua Bawaslu Kapuas Hulu.
Mustaan juga mengapresiasi TNI Polri yang sudah sangat aktif bersama Panwascam untuk menjalankan tugas di lapangan demi mensukseskan pemilu. "Ini hendaknya semakin diperkuat, agar hari H pelaksanaan, tidak ada hak konstitusional masyarakat termutilasi," tuntas Mustaan.
Dalam kegiatan ini hadir jajaran Forkopimda Kapuas Hulu, Panwascam dan Panwas Desa se Kapuas Hulu.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad