Bupati Sis Saluran Bantuan Kepada Korban Banjir di Bika dan Embaloh Hilir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, January 18, 2024

Bupati Sis Saluran Bantuan Kepada Korban Banjir di Bika dan Embaloh Hilir

Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat di Embaloh Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (18/1/2024)/ Yohanes Santoso 


Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menyalurkan bantuan sembako, makanan cepat saji dan selimut kepada para korban banjir di Kecamatan Bika dan Embaloh Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis (18/1/2024). Untuk bantuan beras Cadangan Pangan Pememerintah Daerah yang disalurkan dari Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, sebanyak 12.230 Kg di kecamatan Bika dan sebanyak 20.970 Kg di Embaloh Hilir. Selain itu ada bantuan lainnya dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kapuas Hulu, berupa selimut, tenda dan makanan cepat saji.
Bupati Kapuas Hulu menyusuri lokasi banjir menggunakan speedboat dan berjalan kaki ke rumah-rumah warga.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa beberapa kecamatan di hilir sungai Kapuas sudah kebanjiran. Ini karena curah hujan tinggi di Kapuas Hulu. "Hari ini kami memonitor dan memberikan bantuan secara simbolis terlebih dahulu ke beberapa warga terdampak banjir di kecamatan Embaloh Hilir dan Bika. Ini untuk meringankan beban masyarakat yang tidak bisa bekerja karena banjir," tegasnya.
Untuk bantuan secara keseluruhan, kata Bupati, itu akan dilakukan setelah bantuan dikumpulkan di kecamatan terlebih dahulu. Bantuan sudah siap untuk disalurkan ke masyarakat penerima manfaat. "Kami juga sudah sampaikan kepada kepala desa dan camat agar segera mendata masyarakat yang terdampak banjir.Bantuan selanjutnya akan diberikan," kata pria yang akrab disapa Bang Sis ini.
Bupati Sis mengatakan bila cuaca ekstrim ini terus berlanjut, kecamatan di hilir Kapuas Hulu akan banjir dalam kurun waktu yang cukup lama. Bupati Sis menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan antisipasi yang dibutuhkan saat banjir. "Untuk warga di daerah rawan longsor juga harus hati-hati, utamakan keselamatan keluarga. Bagi yang berada di lokasi banjir, amankan barang-barang berharga dan jaga anak-anak dengan baik," ucapnya "Sebab informasi yang didapat cuaca ekstrim ini akan berlanjut hingga Februari," tegas Bupati.


Dalam penyaluran bantuan kepada korban banjir, Bupati Kapuas Hulu didampingi Dandim 1206/Psb, Letkol Inf Nasli, Kadis Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Hiasintus Gunung Agung, Kepala BPBD Kapuas Hulu, Gunawan, Kepala DPUPR Kapuas Hulu, Marthen, Staf Ahli Bupati Kapuas Hulu, Willibrodus Lasah, Kepala Kansilog Putussibau, M Azwar Fuad, Muspika Embaloh Hilir.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad