Sigat Tuai brand asal Kapuas Hulu Tampilkan Produk di Explore Kalimantan Fair 2023, Sarinah Jakarta - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Sunday, November 19, 2023

Sigat Tuai brand asal Kapuas Hulu Tampilkan Produk di Explore Kalimantan Fair 2023, Sarinah Jakarta


Foto: Produk Sigat Tuai saat ditampilkan di kegiatan Explore Kalimantan Fair 2023 di Sarinah, Jakarta, Sabtu (18/11/2023)/ Istimewa 

Jakarta, khatulistiwamedia.com-

Produk Sigat Tuai hadir dalam Explore Kalimantan Fair 2023 yang diadakan di Sarinah Jakarta mulai tanggal 18 sampai dengan 19 November 2023.  Sigat Tuai adalah  brand lokal dari Kapuas Hulu, Kalimantan Barat yang menjual merchandise dengan tema alam dan budaya lokal Borneo dengan memberi pesan yang tersirat.
Beberapa Edisi Desain Sigat Tuai seperti : 
1. T-shirt Sigat Tuai : Yang mempunyai  makna, Sigat : Tampan / Gagah, Tuai :  Berumur
Sigat Tuai : Semakin Berumur, Semakin Gagah (Dalam Pikiran, Sikap, Ucap & Tindakan)
Gayu Guru Gerai Nyamai: Diberikan Umur Yang Panjang, Kesehatan Dan Kesajahteraan.
Lantang Senang Nguan Menua : Bahagia Selalu Dalam Hidup
2. T-shirt Lokal "Tanah to Indai Kitai"
yang berarti Tanah ini adalah Ibu Kita. Semoga pesan yang tersirat di baju ini bisa menyadarkan kita Kembali agar tidak terlalu jauh melumat Tanah Borneo. Sudah waktunya kita sadar, karena Bumi ini tidak ada bibitnya, tidak ada yang bisa menggantikan Bumi!!!
3. T-shirt dengan Tulisan Sungai Utik : Tanah = Ibu (Indai),  Hutan = Bapak (Apai), Air = Darah (Darah) dan Tato = Perjalanan (Bejalai)
4. T-shirt Pantang Iban : merupakan suatu identitas atau penanda bagi seseorang yang telah melakukan perjalanan jauh, mempunyai keahlian khusus  seperti pandai kerajinan tangan  (menenun dan menganyam), ahli kesenian, bela diri bahkan sebagai penanda bagi orang yang telah mengayau.

Foto: Produk Sigat Tuai saat ditampilkan di Jakarta, Sabtu (18/11/2023)/Istimewa 

5. T-shirt Pua Kumbu : Pua Kumbu merupakan tenunan tertua Borneo yang diwarisi suku Dayak Iban.  Menurut sejarah mitologi kuno, tenunan Pua Kumbu diwarisi kaum Iban dari Orang Panggau (Dewa Dewi).   Kebanyakan motif  Tenunan Pua Kumbu bersifat sakral dan mistik  karena berasal dari alam roh dan melalui mimpi.

“Sigat Tuai bersyukur bisa memperoleh kesempatan untuk dapat memperkenalkan produk lokal di Sarinah Jakarta. Terima Kasih juga untuk Explore Kalimantan Fair 2023, Indecon (Indonesia Ecotourism Network),  KEHATI, TFCA, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Made by Community, Keluarga Besar di Sungai Utik, Kak Hardiyanti, Tawak Borneo dan banyak lagi orang yang telah mendukung Sigat Tuai,” ungkap Apai Gowi, owner brand Sigat Tuai.

Sebagai Informasi beberapa Acara yang pernah diikuti oleh Sigat Tuai yaitu : Iban Summit II Tahun 2023, Festival Budaya Kapuas Hulu 2023, dan Festival Rimba Sungai Utik 2023. Sigat Tuai telah membuktikan bahwa UMKM lokal dapat sukses dan berkembang dalam menghadapi persaingan dengan merek-merek besar. Selain itu, dengan membeli produk dari Sigat Tuai, kita juga dapat mendukung pengembangan UMKM lokal dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Bagi yang berminat dengan produk-produk Sigat Tuai, silakan kunjungi akun Instagram sigattuai.official dan jangan ragu untuk menghubungi mereka melalui WhatsApp di nomor 081350883448. Mari dukung UMKM lokal Indonesia!.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad