Piet Soemaryoto Gagas Program SiLOK di Disporapar Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, July 6, 2023

Piet Soemaryoto Gagas Program SiLOK di Disporapar Kapuas Hulu



Foto: Piet Soemaryoto, memberi penjelasan terkait Program SiLOK (Sistem Informasi Laporan Kinerja) untuk menegakkan disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (6/7/2023)/Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Disporapar meluncurkan Program SiLOK (Sistem Informasi Laporan Kinerja) untuk menegakkan disiplin pegawai negeri sipil di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (6/7/2023). SiLOK sendiri merupakan singkatan dari Sistem Informasi Laporan Kinerja pegawai yang digagas berdasarkan tugas  Rencana Aksi Perubahan Bapak Piet Soemaryoto, S.Hut, M.Si pada diklat PKA Angkatan I PPSDM Sumedang, Jawa Barat tahun 2023.

SiLOK merupakan sistem informasi laporan kinerja berbasis platform sederhana yaitu google form, dimana ASN Disporapar menyampaikan laporan kegiatan hariannya beserta evidence via platform tersebut yang kemudian akan divalidasi oleh operator SiLOK. 
Dengan motto “Disporapar Lebih Disiplin, Lebih Berkinerja” lahirnya SiLOK dilatar belakangi karena rasa peduli pada kondisi ASN di lingkungan Disporapar yang selama ini tingkat kedisiplinannya masih kurang maksimal. 

Kurangnya motivasi dan etos kerja pegawai untuk melakukan tanggung jawabnya sebagai ASN mengakibatkan capaian kinerja tidak maksimal menjadi penyebab utama tingkat disiplin yang rendah, hal ini dapat dilihat dari presensi kehadiran pegawai dan capaian SAKIP Disporapar dalam satu tahun kebelakang. "Untuk itu pimpinan perlu melakukan tindakan penegakkan disiplin agar kinerja pegawai dapat meningkat, dan yang paling utama adalah pemimpin harus menjadi contoh teladan bagi pegawainya dan memiliki komitmen yang kuat untuk keberhasilan program tersebut," ucap Piet Soemaryoto, Leader Aksi SiLOK.
Dengan SiLOK ASN pimpinan dapat memonitor kinerja harian dan dapat menjadi dasar evaluasi kinerja dan pembinaan pegawai, diharapkan dengan berjalannya program ini dapat menambah motivasi dan meningkatkan capaian kinerja ASN khususnya di lingkungan Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Disporapar Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh, menyambut baik Program Aksi Perubahan tersebut. Hal ini disampaikannya saat pembukaan program aksi perubahan sosialisasi Silok ASN Disporapar Kabupaten Kapuas Hulu tahun 2023. "Sebagai pimpinan saya mendukung sekretaris, mengembangkan Silok. Saya berharap ini bisa naikan sakip disporapar dari C ke B atau BB," tegasnya.
Chairul menjelaskan bahwa pejabat Eselon III wajib diklatpim tiga. Beberapa pegawai Disporapar Kapuas Hulu ada yang ikut di Jatinangor Bandung, termasuk Sekretaris. Pelatihan juga sudah ada perkembangan, dulu diklat berjalan 1 hingga 3 bulan sekarang jadi enam bulan, namun ada on-off dimana pegawai yang bersangkutan bisa kembali lagi kerja di kantornya. "Saya minta evaluasi dari sekretaris ke pegawai di Disporapar. Staf harus mendukung karena pimpinan takkan bisa berhasil tanpa dukungan tim kerja. Tenaga kontrak harus disiplin sesuai dengan aturan kepegawaian," ucapnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad