Festival Rimba Sungai Utik Sukses Dilaksanakan - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, July 31, 2023

Festival Rimba Sungai Utik Sukses Dilaksanakan

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat dan Ketua GOW Kapuas Hulu, Ny. Via Octaria Wahyudi bersama warga Betang Sungai Utik dan berbagai pihak saat penutupan Festival Rimba di Desa Batu Lintang Kecamatan Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Minggu (30/7/2023)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-

Wakil Bupati Kapuas, Wahyudi Hidayat menutup Festival Rimba Sungai Utik kecamatan Embaloh Hulu, Kapuas Hulu, pada Minggu (30/07/2023). Adapun tema kegiatan tersebut “tanah adalah ibu kita, hutan adalah bapak kita dan air adalah darah kita”.

Pada kesempatan tersebut Ketua Panitia Festival Rimba Sungai Utik, Joni Vercelli menyampaikan, pada kegiatan ini berbagai macam produk kerajinan ditampilkan, yang juga merupakan hasil karya masyarakat sungai utik dan sekitarnya, selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk ucapan syukur karena sungai utik baru - baru ini kembali mendapatkan kembali penghargaan.

“Kita merasa bangga hari ini bahwa kegiatan di support penuh berbagai pihak terkait, kita berharap kedepan festival rimba sungai utik menjadi agenda rutin, bisa dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini juga sebagai bentuk kita mendukung pariwisata yang ada di Kapuas hulu khususnya di sungai utik, Suatu saat sungai utik akan menjadi contoh bagi masyarakat adat lainnya,” Katanya. 

Joni juga mengucapkan terima kasih kepada semua masyarakat sungai utik, para panitia dan seluruh pihak terkait lainnya yang telah mendukung kegiatan festival rimba sungai utik, sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses, Kegiatan festival rimba sungai utik juga banyak dihadiri wisatawan dari mancanegara.

Sementara itu Wakil Bupati Kapuas Hulu Wahyudi Hidayat menyampaikan dengan mendapatkan penghargaan ini jangan berpuas hati, karena adanya penghargaan ini kita mendapatkan amanah yang lebih besar lagi, untuk menjaga alam yang ada di Kapuas hulu khususnya di sungai utik.

“Intinya komunikasi, yang terpenting insyaallah festival rimba sungai utik harus kita laksanakan lagi, saya dari pemerintah siap mendukung,” katanya. 

Kata Wabup, adanya kegiatan festival rimba sungai utik ini jadi tempat tujuan wisatawan mancanegara, yang terpenting kedepan tinggal dikonsep lagi, tinggal kita kolaborasi, kegiatan yang akan di laksanakan pada Festival ini, kita bicara pendidikan, kelestarian, wisata dan seminar -  seminar apa, ekonomi serta lainnya.  

“Kalau perlu di awal tahun sudah ditentukan tanggal berapa untuk pelaksanaan festival rimba sungai Utik, harus ditetapkan tanggal berapa, agar wisatawan dari luar tau pelaksanaan nya, dengan ditetapkannya tanggal festival rimba sungai utik memberi kepastian kepada wisatawan,” ujarnya.

Tambah Wabup, Festival ini sangatlah penting guna menciptakan generasi emas yang berdaya saing, karena kita melihat anak - anak di sini sangat bersemangat dan terlibat langsung pada kegiatan ini, mereka mencintai adat istiadat, budaya dan alam yang ada, 

Kita dukung penuh kegiatan kegiatan yang ada di sungai utik ini, intinya kita bersama- sama untuk menjaga alam dan generasi muda.

“Saya berharap Festival ini bisa dilaksanakan lagi pada tahun depan, semoga kedepan kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih meriah lagi,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad