Bupati Kapuas Hulu Melantik 157 ASN ke Jabatan Fungsional - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, July 18, 2023

Bupati Kapuas Hulu Melantik 157 ASN ke Jabatan Fungsional

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik sebanyak 157 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menjadi pejabat fungsional. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Putussibau Selatan, Selasa (18/7/2023)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan melantik sebanyak 157 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu menjadi pejabat fungsional. Kegiatan dilaksanakan di Aula Kantor Camat Putussibau Selatan, Selasa (18/7/2023).
Adapun rinciannya terdiri dari, 69 orang bekerja pada jejaring Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu;
86 orang  bekerja pada jejaring Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kapuas Hulu; dan 2 orang bekerja pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Kapuas Hulu.
Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan menegaskan bahwa sistem pengembangan karier ASN di Indonesia ada 2 jalur besar yaitu karir pada jabatan struktural dan karir pada jabatan fungsional. Saat ini kebijakan pemerintah, sangat fokus terhadap keberadaan jabatan fungsional, hal ini dapat dilihat dengan adanya penyederhanaan birokrasi dimana untuk pemerintah kabupaten/kota, pejabat struktural pengawas sebagian besar telah dikonversi kedalam jabatan fungsional. "Keberadaan jabatan fungsional dipandang akan lebih cepat memacu gerak birokrasi dan lebih fleksibel dalam penyelesaian penyelesaian pekerjaan organisasi," tegas pria yang akrab disapa Bang Sis ini. 
Kemudian pada aspek pengembangan karir jabatan fungsional, lanjutnya, saat ini juga telah disederhanakan. Pengumpulan angka kredit sebagai syarat kenaikan pangkat hanya cukup dikonversi dari nilai kinerja atau SKP saja, sehingga para ASN tidak terlalu direpotkan pada urusan administrasi dan akan lebih fokus pada penyelesaian pekerjaan teknis sesuai fungsi yang dijalankan. 
"Beberapa kebijakan pemerintah yang saya sampaikan tadi, membuktikan bahwa jabatan fungsional saat ini telah menjadi primadona, karena disamping memiliki kemudahan berkarir juga memiliki tunjangan jabatan yang nilainya relatif sama dengan jabatan struktural," ujar Bupati.
Oleh karena itu, kata Bupati, dirinya sangat mendukung kehadiran jabatan fungsional dalam pengisian ruang ruang birokrasi Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. "Saya mengharapkan agar saudara-saudari yang baru saja dilantik tidak hanya semata-mata murni melaksanakan peran dan   fungsi   sebagai   pejabat   fungsional, akan tetapi juga mampu bersinergi dalam rangka membantu unit organisasinya menjalankan fungsi-fungsi pemerintahan. Tunjukan prestasi kerja yang baik dimasa yang akan datang," tutup Bupati Sis.
Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad