171 Peserta Ikut Seleksi CAT PPPK Kapuas Hulu Formasi 2022 - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, March 21, 2023

171 Peserta Ikut Seleksi CAT PPPK Kapuas Hulu Formasi 2022


Foto: Sekda Kapuas Hulu, H, Mohd Zaini berfoto bersama peserta seleksi CAT PPPK Kabupaten Kapuas Hulu formasi tahun 2022 di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (21/3/2023)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Sekda Kapuas Hulu Mohd Zaini membuka seleksi kompetensi berbasis Computer Assisted Test (CAT) calon Aparatur Sipil Negara (ASN) formasi tahun 2022 di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan tersebut dilaksanakan di SMKN 1 Putussibau, Kapuas Hulu, pada Selasa (21/03/2023). Sekda bersama tim Panitia Seleksi Nasional dan Panitia Seleksi Daerah membuka segel ruang seleksi baru kemudian peserta seleksi mengikuti CAT secara online.
Sekda Zaini menegaskan bahwa pelaksanaan seleksi kompetensi dengan metode CAT diawasi langsung oleh tim panselnas baik secara langsung di lokasi seleksi maupun yang berada di pusat dilakukan secara online atau zoom. Pengawasan dilakukan sangat ketat untuk menutup celah adanya kecurangan dalam proses pelaksanaan. “Oleh karena itu kelulusan para peserta sekalian merupakan hasil dari usaha kerja keras saudara saudari sekalian dalam menjawab soal saat di ruangan seleksi,” katanya. 


Sekda menuturkan kegiatan seleksi CAT akan berakhir besok, ini merupakan tahapan akhir seleksi dalam rangka mencari putra putri terbaik yang akan mengabdi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Formasi yang dibuka Pemda Kapuas Hulu pada tahun 2022 yaitu sebanyak 81 formasi, namun dalam proses pendaftaran dan seleksi administrasi pada akhirnya yang terisi oleh pelamar hanya sebanyak 57 formasi dan terjadi kekosongan sebanyak 24 formasi. "Berdasarkan rekapitulasi peserta yang lulus seleksi administrasi dan akan mengikuti seleksi kompetensi untuk mengisi 57 formasi tersebut yaitu sebanyak 171 orang pelamar, dimana terbagi menjadi 150 orang dalam 3 sesi pada hari ini dan 21 orang dalam 1 sesi besok,” papar Sekda. 
Sekda Zaini menilai Kapuas Hulu cukup merugi dengan banyaknya jumlah formasi yang tidak terisi, apalagi untuk mendapatkan alokasi formasi pada jabatan teknis merupakan suatu yang sulit untuk kita dapatkan. Sekda berharap kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu agar dapat mengevaluasi dan lebih selektif dalam mengajukan formasi sesuai dengan urgensi kebutuhan pemerintah daerah serta ketersediaan kualifikasi pendidikan bagi sumber daya manusia di Kabupaten Kapuas Hulu agar selanjutnya pengisian formasi pada saat penerimaan calon ASN bisa lebih maksimal dan tepat sasaran sesuai urgensi kebutuhan pemerintah daerah. “Bagi peserta yang pada akhirnya mendapatkan nilai tertinggi pada formasinya dan akan menjadi PPPK di lingkungan Pemda Kapuas Hulu tetap rendah diri serta ikuti proses selanjutnya, sedangkan bagi yang belum mendapatkan rezekinya pada kesempatan ini, tetap semangat untuk mengembangkan serta mempersiapkan diri untuk penerimaan calon ASN selanjutnya,” kata Sekda.
Sementara itu Kepala bidang informasi kepegawaian Kantor Regional V BKN Jakarta, Dedi Hafidin menyampaikan  Seluruh tahapan pelaksanaan seleksi calon aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah daerah kabupaten Kapuas hulu tahun anggaran 2022 tidak dipungut biaya. “apabila menemukan pungutan biaya maka silahkan laporkan kepada pihak berwajib,” pungkasnya.
Dalam pembukaan seleksi CAT PPPK tersebut, Sekda turut didampingi Kepala BKPSDM Kabupaten Kapuas Hulu, Rudolfus Adji Winursito serta beberapa pejabat Pemda Kapuas Hulu yang terkait.
Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad