Ketua DPRD Kapuas Hulu Pimpin Rapat Paripurna Raperda Perumda Tirta Uncak Kapuas - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, February 20, 2023

Ketua DPRD Kapuas Hulu Pimpin Rapat Paripurna Raperda Perumda Tirta Uncak Kapuas


Foto: Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi memimpin rapat paripurna di gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Senin (20/2/2023)/ Yohanes Santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Hulu, Kuswandi memimpin langsung rapat Paripurna pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Kapuas Hulu tentang Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Uncak Kapuas di Aula Gedung DPRD Kapuas Hulu, Putussibau, Senin (20/2/2023). Kuswandi memimpin jalannya rapat paripurna didampingi Wakil Ketua DPRD Kapuas Hulu, Hairudin. Rapat tersebut diadakan setelah dewan yang hadir kuorum.
Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi mengatakan sidang dewan hari ini adalah rapat paripurna ke satu masa sidang ke dua tahun 2023. Pembahasan kali ini adalah Raperda Perumda Tirta Uncak Kapuas. "Hari ini adalah agenda penyampaian pidato pengantar Bupati Kapuas Hulu terhadap Raperda tentang perusahaan umum daerah Tirta Uncak Kapuas. Ada 16 dewan hadir dari total 30 anggota dewan maka kuorum terpenuhi dan rapat paripurna bisa dilanjutkan," tegasnya.
Kuswandi mengatakan sesuai Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemda, Kepala Daerah punya kewenangan mengajukan Raperda untuk dibuat menjadi Perda. "Perda yang dibuat tentu diharapkan memberi kontribusi optimal bagi peningkatan taraf hidup masyarakat di segala bidang, kemudian mengakomodir kebutuhan masyarakat," ucapnya.
Kuswandi menuturkan penyediaan air bersih untuk masyarakat adalah tanggung jawab Pemerintah. Wewenang Pemda dalam penyediaan air bersih adalah berbentuk BUMD. "BUMD ini sendiri wajib disesuaikan dengan ketentuan, maka ada transformasi dari PDAM ke Perumda Tirta Uncak Kapuas. Maka dalam beberapa pertemuan kedepan Eksekutif dan Legislatif Kapuas Hulu akan membahas Raperda ini untuk jadi Perda Kapuas Hulu," tuntas Ketua DPRD Kapuas Hulu.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad