Bupati Kapuas Hulu Buka Festival Budaya Kayaan Mendalam - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, December 8, 2022

Bupati Kapuas Hulu Buka Festival Budaya Kayaan Mendalam


Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan saat mengikuti tari kolosal saat membuka Festival Budaya Kayaan Mendalam, Putussibau Utara, Kamis (8/12/2022)/ Yohanes Santoso 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Bupati Kabupaten Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan membuka kegiatan Festival Budaya Kayaan Mendalam di Desa Datah Diaan, Putussibau Utara, Kamis (8/12/2022). Festival Budaya Kayaan Mendalam tahun 2022 dimotori oleh Sanggar Tubun Situn.

Panitia kegiatan Festival Budaya Kayaan Mendalam tahun 2022, David Dungo mengatakan bahwa Festival Budaya Kayaan Mendalam adalah yang ketiga kali. Terakhir kegiatan serupa diadakan di 2019. "Tahun ini kita bersyukur kegiatan ini bisa diadakan kembali," tegasnya.
Tujuan kegiatan tersebut adalah untuk menumbuhkan rasa cinta budaya serta generasi muda. Rangkaian kegiatan dalam festival ini diantaranya lomba vocal, sumpit dan sastra lisan. "Selaku panitia kami mengajak masyarakat agar menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung," tuntasnya.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan mengatakan bahwa sekarang ini banyak anak muda lupa akan adat budayanya karena pengaruh perkembangan zaman. Lewat festival ini generasi muda dapat belajar tentang adat budayanya agar adat budaya itu sendiri terus lestari, berkembang dan bertahan ditengah gerusan perkembangan zaman.
"Saya lihat ada lomba-lomba yang dapat membuat generasi muda tahu budaya yang khusus, seperti sastra lisan. Mudah-mudahan kedepan semakin lestari budaya Dayak Kayaan," ucapnya.

Penulis: Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad