Bupati Sis Buka Musdat DAD Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, November 15, 2022

Bupati Sis Buka Musdat DAD Kapuas Hulu



Foto: Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan memberi sambutan saat membuka Musdat DAD Kapuas Hulu ke IV di Deo Soli, Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (14/11/2022)/yohanes santoso

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com-
Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Musyawarah Adat (Musdat) ke IV di gedung Deo Soli, Kecamatan Putussibau Selatan, Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Senin (14/11/2022). Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kapuas Hulu,Fransiskus Diaan.

Bupati Kapuas Hulu, Fransiskus Diaan, mengatakan bahwa komunikasi dan relasi antara organisasi dengan Pemda sangat penting. Pemda Kapuas Hulu tidak bisa kerja sendiri. Pemda membutuhkan dukungan dari organisasi dalam membangun bangsa dari sisi kesukuan, agama dan kebudayaan. "Kami membutuhkan dukungan organisasi yang sejalan dengan program pemerintah," ujarnya. 

Bupati menjelaskan bahwa program pembangunan saat ini mengangkat visi misi Kapuas Hulu HEBAT (Harmonis, Energik, Berdaya saing, Amanah dan Terampil). Untuk visi Harmonis, ini sangat tepat dengan tema kegiatan ini Musdat DAD Kapuas Hulu ke IV. "Ini kesadaran kita bersama untuk mewujudkan pembangunan secara bersama-sama, bertahap dan menyeluruh," tegasnya.

Bupati mengajak DAD Kapuas Hulu untuk turut menjaga kearifan lokal warga dayak. Seperti filosofi rumah Betang, semuanya menjunjung tinggi kejujuran, taat akan hukum adat, agama, negara dan alam. Pemda Kapuas Hulu selama ini tidak hanya berretorikan saja tetapi juga mendukung dana kepada DAD. "Baik dari pemerintahan dahulu hingga pemerintahan saat ini. Pemanfaatan dana tersebut tepat dan sudah membangun betang. Kita harap betang ini segera selesai dan diresmikan," tegasnya.
Terkait penentuan ketua dan pengurus baru DAD Kapuas Hulu, Bupati berpesan agar hal tersebut diambil lewat jalan musyawarah yang baik. Siapapun yang terpilih harus didukung bersama agar DAD Kapuas Hulu tetap menjalankan fungsinya dengan baik.
"Saya pesankan musdat ini harus berjalan akan lancar. Perdebatan yang terjadi harus mengutamakan diskusi dalam semangat kekeluargaan. Pemda apresiasi pengurus DAD Kapuas Hulu sebelumnya dan program yang baik hendaknya diteruskan oleh pengurus yang baru," tuntas Bupati.
Dalam musdat DAD Kapuas Hulu ke IV,hadir Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi bersama beberapa anggotanya, hadir pula Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat serta kepada OPD Kapuas Hulu, ormas keagamaan, kebudayaan dan organisasi kepemudaan di Kapuas Hulu.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad