Aset BUMDes se Kapuas Hulu di 2021 Rp 46.5 Miliar - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, October 20, 2022

Aset BUMDes se Kapuas Hulu di 2021 Rp 46.5 Miliar

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memberi arahan saat membuka bimtek di aula BBTNBKDS, Putussibau, Kamis (20/10/2022)/ Istimewa

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com -

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat mengatakan total aset Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) se Kapuas Hulu pada tahun 2021 berjumlah Rp 46,5 miliar. Dana tersebut bersumber dari Dana Desa (DD).
"Penyertaan modal yang besar ini diharapkan dapat memaksimalkan sumber daya yang ada dengan mengelola unit usaha sebagai sumber pendapatan asli desa kedepannya," ucapnya saat membuka bimtek di aula BBTNBKDS, Putussibau, Kamis (20/10/2022).

Pemerintah Daerah Kapuas Hulu mengapresiasi pengurus BUMDes yang telah berusaha dan membuka lapangan pekerjaan baru bagu masyarakat. Ini penting dalam rangka meningkatkan perekonomian desa.
"Ketidak pastian ekonomi akibat pandemi covid-19 menuntut BUMDes bergerak sebagai pemicu perekonomian desa dan berkontribusi kepada kebangkitan ekonomi Indonesia secara umum," tegasnya
Bimtek hari ini diharapkan memotivasi BUMDes untuk berkembang dengan unit-unit usaha lainnya sehingga memberikan penghasilan tambahan untuk pemerintah desa. Disamping itu, BUMDes akan memberikan manfaat dalam bentuk bantuan sosial untuk masyarakat. "BUMDes juga akan membangkitkan kembali geliat perekonomian desa khususnya di kabupaten Kapuas Hulu," ujarnya.

Wabup juga berharap direksi BUMDes di Kapuas Hulu bisa mempunyai pengetahuan dan wawasan luas tentang manajemen keuangan. Ini penting agar BUMDes memiliki sistem pengelolaan keuangan yang  sehat dan akuntabel. 
"BUMDes punya peran penting untuk pertumbuhan perekonomian nasional yang lebih baik," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad