12 Kecamatan di Kapuas Hulu Terdampak Banjir - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, October 19, 2022

12 Kecamatan di Kapuas Hulu Terdampak Banjir



Foto: Banjir di Silat Hilir, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Selasa (18/10/2022)/Istimewa 
Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kapuas Hulu melangsir data lokasi banjir di Bumi Uncak Kapuas. Berdasarkan update data per 17 Oktober 2022 ada 12 kecamatan yang terdampak banjir.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu, Gunawan mengatakan bahwa dari 12 kecamatan yang terdampak tersebut, ada 56 desa yang tergenang banjir. "Kami saat ini terus mengimput data lapangan dari daerah lokasi banjir," ujar Gunawan, Rabu (19/10/2022).

Adapun 12 kecamatan yang terdampak banjir adalah Putussibau Utara, Batang Lupar, Selimbau, Suhaid, Boyan Tanjung, Silat Hilir, Putussibau Selatan, Kalis, Bika, Embaloh Hilir, Mentebah dan Bunut Hilir. "Total ada 56 desa yang terdampak banjir dan tersebar di 12 kecamatan tersebut," ucapnya.

Gunawan mengajak masyarakat untuk tetap waspada banjir. Apabila intensitas hujan semakin tinggi maka banjir bisa meluas. "Bila terjadi banjir prioritaskan keselamatan diri dan keluarga. Jaga anak-anak agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan," tuntasnya.

Banjir di Kapuas Hulu ada yang sudah berlangsung sekitar satu pekan di tingkat kecamatan. Seperti yang terjadi di kecamatan Silat Hilir. "Sudah seminggu banjir di sini," kata Dhan, warga Silat Hilir.

Ia mengatakan banjir di daerahnya mencapai leher orang dewasa. Beberapa rumah warga dan fasilitas umum terendam banjir. Warga juga terganggu untuk mobilisasi. "Warga mengandalkan perahu karena akses darat sudah terendam banjir semua," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso 

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad