Ada 168 Orang penderita TBC Di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, September 14, 2022

Ada 168 Orang penderita TBC Di Kapuas Hulu

Foto : Suhardiyanto/ Rovi Andila


Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com

Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit yang diakibatkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis. TBC bisa menyerang berbagai organ tubuh, terutama bagian paru-paru.

Koordinator Program Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Dinas Kesehatan Dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Kapuas Hulu, Suhardiyanto menyampaikan, penderita TBC di Kapuas Hulu saat ini sebanyak 168 orang. Mereka sekarang masih ada yang dalam pengobatan dan ada juga yang sudah sembuh. "Penderita TBC juga melakukan pengobatan di puskesmas masing-masing," Katanya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Pada Rabu (14/09/2022). 

Suhardiyanto mengatakan pihaknya sudah melakukan penyuluhan kepada masyarakat sebagai upaya mencegah penyakit TBC. Pihaknya selalu menyarankan apabila ada masyarakat yang mengalami batuk berdahak lebih dari dua minggu, agar segera memeriksakan diri ke puskesmas terdekat. 
"TBC juga bisa disembuhkan dengan cara pengobatan rutin selama enam bulan, jadi sekarang obat-obat TBC sudah tersedia di puskesmas masing-masing," ujarnya. 

Suhardiyanto berharap masyarakat tetap waspada terhadap penyakit TBC, sebab ini bisa menular. Apabila memiliki gejala segera memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat. 
"Mudah - mudahan tidak ada lagi penderita TBC di Kapuas Hulu, warga juga bisa terbebas dari ancaman TBC dan hidup lebih baik dan lebih sehat," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad