Pemda Kapuas Hulu Gencarkan Vaksinasi PMK - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, August 15, 2022

Pemda Kapuas Hulu Gencarkan Vaksinasi PMK

Foto: Wabup Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat melaunching vaksinasi PMK di Kedamin Hulu, Putussibau SelatanSelatan, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Senin (15/8/2022)/ Rovi Andila 

Kapuas Hulu, khatulistiwamedia.com - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat melaunching vaksinasi masal Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dalam rangka HUT RI Ke 77 "menuju Kalimantan Barat merdeka PMK". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kedamin Hulu, Putussibau Selatan, Kapuas Hulu, Senin (15/08/2022). Adapun jumlah ternak sapi yang divaksin sebanyak 100 ekor. 

Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, menyampaikan sampai saat ini belum ditemukan adanya PMK di kabupaten Kapuas Hulu, sehingga berada di zona hijau. Kerjasama berbagai pihak sangat dibutuhkan, terutama dalam pengawasan lalu lintas ternak dari daerah tertular. 
"Optimalisasi lalu lintas ternak melalui satgas dan posko lalu lintas ternak perlu ditingkatkan, guna mengantisipasi masuknya ternak dari daerah lain yang sudah tertular PMK," katanya. 


Wabup mengharap kepada masyarakat atau para peternak di Kapuas Hulu untuk tidak panik terhadap PMK karena ini tidak bersifat zoonosis, namun harus tetap meningkatkan kewaspadaan dengan tetap mematuhi ketentuan ataupun kebijaksanaan yang telah diatur berdasarkan surat edaran satuan  tugas PMK. 
"Melihat populasi sapi di Kapuas Hulu yang cukup banyak, perlu dilakukan upaya serius guna pencegahan terhadap ternak agar terhindar dari PMK, dengan memberikan vaksinasi, Adapun tujuan dari pemberian vaksin PMK ini untuk memberikan pencegahan dan kekebalan kepada hewan ternak," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad