Bupati Sis Hadiri Gawai Dayak Iban di Lauk Rugun - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, June 13, 2022

Bupati Sis Hadiri Gawai Dayak Iban di Lauk Rugun

Foto: Foto bersama saat gawai dayak di desa Rantau Rapat, Embaloh Hulu, Minggu (12/6/2022)/Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, menghadiri acara gawai dayak iban di Lauk Rugun, desa Rantau Rapat, Kecamatan Embaloh Hulu, pada Minggu (12/06/2022). 

Pada Kesempatan itu Bupati Kapuas Fransiskus Diaan, menyampaikan patut disyukuri tahun ini masyarakat masih bisa melaksanakan gawai Dayak di lauk rugun, desa Rantau Rapat. Gawai Dayak ini merupakan ungkapan syukur kepada Tuhan yang maha Kuasa, atas berkat yang berlimpah atas rejeki yang diterima sepanjang tahun yang lalu. 
"Dan tentu kita berharap ada berkat juga di tahun berikutnya, oleh sebab itu kita merayakan, bersukacita, sekaligus melestarikan adat dan budaya kita," tegasnya. 

Seperti yang bisa dilihat, kata Bupati Sis, dari awal kedatangan rombongan Pemda, sudah disambut dengan tari - tarian, adat istiadat dan ritual khusus lainnya. Ritual tersebut juga sudah dilaksanakan turun - menurun dari zaman nenek moyang, dengan adanya gawai, adat - Istiadat, budaya terus dilestarikan dan di pertahanan oleh masyarakat. Dengan begitu generasi muda dan kaum muda bisa meneruskannya. 
"Bagi para orang tua kita agar tidak lupa juga, memberi pelajaran ilmu pengetahuan ini kepada kaum - kaum muda, sehingga adat istiadat kita tidak punah," katanya. 

Bupati Sis menegaskan perayaan gawai suatu kekayaan daerah yang patut dipertahankan. Semoga kedepan bisa menjadi penunjang sektor wisata.
"Karena ini juga merupakan salah satu daya tarik, agar masyarakat luar ingin hadir melihat acara gawai Dayak," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad