Perhatian Pemda dan Dekranasda Kapuas Hulu Dirasakan Pengrajin Tenun - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Saturday, March 12, 2022

Perhatian Pemda dan Dekranasda Kapuas Hulu Dirasakan Pengrajin Tenun

Foto: Kerajinan Tenun Sidan/ Istimewa

Kapuas Hulu - Salah seorang pengrajin Tenun Sidan Kapuas Hulu, Mila Rosita menegaskan selama ini Pemda Kapuas Hulu cukup perhatian terhadap pelestarian kain tenun Sidan. Pemda berupaya meningkatkan produksi tenun sidan dengan mengadakan pelatihan dan memberi bantuan berupa benang serta membantu untuk memasarkan produk-produk kami lewat E-smart. "Lewat Dekranasda juga pernah diadakan pameran di lingkup Pemda Kapuas Hulu,” jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, berkenaan dengan pemasaran, Mila Rosita mengakui jika saat ini karyanya belum menembus pasar yang tetap dan lancar.

“Kami juga memiliki komunitas tenun yang berdiri pada tanggal 3 Desember 2021 yang lalu. Kami ada  tujuh (7) orang khusus untuk membuat tenun sidan dari perwarna alami. Kami berpegang pada keaslian budaya kain tenun yang diwariskan nenek moyang kami. Kami masih manual jadi untuk peroses menenun agak lambat.” tutupnya.

Foto: Mila Rosita, Pengrajin Tenun Sidan/Istimewa

Diketahui, Pemda Kapuas Hulu melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Kapuas Hulu telah menggelar pelatihan untuk para pengerajin tenun Sidan di Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (12/11).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Kapuas Hulu, Angeline Fremalco Fransiskus Diaan mengungkapkan, pelatihan yang dilakukan itu tujuannya untuk meningkatkan kualitas kain tenun tersebut.

“Tenun Sidan ini memang mencuri perhatian kita semua, karena hanya ada di Kapuas Hulu, maka kita ingin  memperhalus dan meng upgradenya,” tuntas Angeline.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad