Dorong Swasembada Pangan dan Potensi Sawit Mandiri - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Monday, February 14, 2022

Dorong Swasembada Pangan dan Potensi Sawit Mandiri

Foto: Abdurrasyid

Kapuas Hulu - Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kapuas Hulu, Abdurrasyid menuturkan kedepan pihaknya mengejar Swasembada pangan. Untuk itu pihaknya akan berusaha mengadakan intensifikasi, masa tanam satu kali menjadi dua kali tanam, dari dua sampai ke tiga. "Nah itu yang kita upayakan," ujarnya saat ditemui di Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Pada Senin (14/02/2022). 

Sekarang sudah beberapa desa yang ada di Kapuas Hulu, kata Abdurrasyid, sudah Swasembada pangan. Itu seperti di daerah Sungai Besar, Senai, Lubuk Antuk, juga Mensusai. "Sebenarnya itu sudah Swasembada tapi itu hanya  di kawasan Desa saja, dalam artian hasil panen di desa tersebut bisa memenuhi kebutuhan ke beberapa desa sekitarnya. Saya kira itu yang paling utama terkait kekuatan pangan," ujarnya. 

Selain dari padi, kata Abdurrasyid, pihaknya juga berupaya sebaik mungkin di bidang hortikultura. Ini khusus tanaman pangan ditingkatkan bagaimana pembinaan melalui beberapa KWT (Kelompok Wanita Tani), sejauh ini tanaman cabai yang masih ditingkatkan. 
"Kita masih bisa Swasembada cabai rawit," ujarnya.
Untuk bidang lain, Abdurrasyid menegaskan pihaknya juga mendorong perkembangan sawit mandiri. Ini jadi target tambahan karena harga sawit sekarang sedang bagus. "Sekarang harga sawit melonjak tinggi ini jadi potensi juga, khususnya sawit mandiri," pungkasnya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad