Pembangunan Batal, SMAN 1 Embaloh Hulu Rawan Ambruk - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, September 9, 2021

Pembangunan Batal, SMAN 1 Embaloh Hulu Rawan Ambruk

Foto: Keadaan SMAN 1 Embaloh Hulu yang rawan ambruk. Ini keadaan gedung pada Rabu (8/9/2021)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Miris keadaan bangunan SMAN 1 Embaloh Hulu, kondisinya sudah condong dan rawan ambruk. Gedung tersebut sempat direncanakan akan dibangun di tahun 2021, namun gagal. Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu tidak dapat berbuat banyak karena secara regulasi SMA telah menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Kepala SMAN 1 Embaloh Hulu Kabupaten Kapuas Hulu, Anisia Tumbi, menyampaikan keluhan nya terhadap bangun SMAN 1 Embaloh Hulu, yang terletak di Kabupaten Kapuas Hulu. Ia menuturkan bangun SMAN 1 Embaloh Hulu ada dua unit, satu unit adalah gedung kantor, satu unit ruang kelas. Dua unit bangun itu rusak parah. 
"Jadi sementara ini sudah ada tatap muka, ada kekhawatiran karena tatap muka takut nanti bangun itu suatu saat roboh dan ada korban jiwa," ujarnya saat di temui di Embaloh Hulu, Kapuas Hulu, pada Rabu (9/9/2021). 
Semula DAK yang dialokasikan untuk SMA  tahun 2021 ada untuk pembangunan SMAN 1 Embaloh Hulu. Tetapi ternyata pembangunannya batal. Apa yang menyebabkan batal, Tumbi tidak tahu, karena itu kewenangan Dinas provinsi Kalbar. 
"Yang jelas kami suah rapat konfirmasi kemarin, ada rapat zoom dengan Dinas provinsi yang menyampaikan secara resmi bahwa ada 10 sekolah di Kalbar bahwa, yang DAK tahun 2021 ini batal di laksanakan, salah satunya dak SMAN 1 Embaloh Hulu," katanya. 

Tumbi berharap, tahun depan SMAN 1 Embaloh Hulu bisa mendapatkan prioritas untuk pembangunan sekolah. Sehingga baik itu tenaga pendidik dan peserta didik tidak lagi khawatir bangunan ambruk saat belajar.
"Harapan nya tahun depan bisa direalisasi kan bagaimanapun caranya, karena takut nanti roboh," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad