Memanfaatkan BUMDes Untuk Kesejahteraan Masyarakat - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Thursday, May 6, 2021

Memanfaatkan BUMDes Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Foto:  Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat memberi arahan dalam acara workshop ekspose hasil pemutakhiran data indeks desa membangun yang dilaksanakan di aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu (5/5/2021)/Istimewa

Kapuas Hulu - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat menghadiri acara workshop Ekspose hasil pemutakhiran data indeks desa membangun, yang dilaksanakan di aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu pada Rabu (5/5/2021). Pada kegiatan itu, Wabup Kapuas Hulu menyampaikan banyak potensi yang berada di desa yang bisa dikembangkan. Sesuai arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, kepala daerah harus punya sifat kewirausahaan dan harus mandiri."Maka dari ini saya berharap kepada kepala desa bagaimana dia memanfaatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), kalau BUMDes ini hidup pasti untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.
Makanya kepala desa itu harus berpikir Kreatif dan Inovatif bagaimana dana desa ini untuk mengembangkan usaha sesuai dengan potensi yang ada di desa.Wabup berharap nantinya BUMDes bisa mengikuti aturan yang ada, bila memungkinkan melalui Perseroan Terbatas (PT) karena BUMDes termasuk kekayaan yang dipisahkan. "PT juga sekarang sudah sangat mudah dibuat, kita bikin PT nanti PT ini lah yang mengelola," ucapnya.
Wabup menambahkan BUMDes yang berkembang salah satunya BUMDes di Suhaid yang mengelola telur. Telur itu bisa dijual ke para karyawan sawit, begitu juga dengan sayur. "Cobalah kita berpikir bagaimana agar BUMDes bisa terus berkembang atau hidup. Begitu juga dengan pinjaman harus sesuai usaha jangan semua usaha bunganya tiga persen, tapi kita lihat jenis usahanya karena jenis usaha juga berbeda - beda, perlu kajian bagaimana masyarakat ini bisa nyaman," ucapnya.
Wabup mengatakan bagi para Kades atau Perangkat Desa yang telah mampu meningkatkan status desanya menjadi maju dan mandiri, tidak harus puas dan merasa cukup dengan status tersebut, teruslah bekerja dan berkarya dengan menjalin komunikasi yang harmonis dengan semua pihak seperti pihak pemerintah kecamatan pemerintah Kabupaten dan Provinsi. "Mari kita bersatu padu membangun Kabupaten Kapuas Hulu, untuk mewujudkan masyarakat Kapuas Hulu yang HEBAT yaitu Harmonis, Enerjik, Berdaya saing, Amanah dan Terampil," tuntasnya.

Penulis : Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad