Genjot Industri Kerajinan dan Hak Kekayaan Intelektual - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Tuesday, March 2, 2021

Genjot Industri Kerajinan dan Hak Kekayaan Intelektual

Foto: Hasnul Shabri

Kapuas Hulu - Kepala Bidang Perindustrian Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian dan Transmigrasi, Kabupaten Kapuas Hulu, Hasnul Shabri mengatakan, Kapuas Hulu memiliki sumber daya alam yang sangat luar biasa. Berbagai macam jenis bahan yang ada di alamnya, bisa di olah menjadi bahan baku kerajinan. "Saat ini sedang heboh - hebohnya adalah kain tenun sidan," katanya saat di temui di kantornya, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (2/3/2021).

Kerajinan tenun sidan, kata Hasnul, ada beberapa tempat yang masih dalam tahap pembinaan dari pihaknya. Kedepannya, kata Hasnul, akan diupayakan kerja sama dengan lembaga lain dan Pemerintah. "Kita mau mengangkat tenun atau produk yang ada di Kapuas Hulu agar lebih dikenal kenal oleh masyarakat luas," ucapnya.
Hasnul menuturkan kualitas produk tenun sidan harus meningkat, sehingga baik di pemasaran. Pihaknya juga terus melakukan pantauan mulai dari harga dan sebagainya. "Kita itu perlu kerjasama multi pihak dalam mengangkat kerajinan Kapuas Hulu, supaya itu lebih dikenal dan bisa memiliki daya saing lebih tinggi," ucapnya.
Hal lain yang perlu diperhatikan, menurut Hasnul adalah hak kekayaan intelektual. Dalam rangka mendaftarkan kekayaan hak intelektual pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa stake holder terkait.
Kemudian, kata Hasnul, pihaknya akan mulai mengarahkan para pengrajin tenun sidak dan produk lokal lainnya untuk pemasaran yang lebih luas. Salah satunya memanfaatkan online shop.
"Para pengrajin akan diarahkan ke pemasaran mengunakan sistem online atau melalui Internet, jadi mareka tidak hanya berjualan di toko masing-masing saja, tetapi mareka bisa berjualan secara sosial media sehinga bisa dilihat dan oleh masyarakat luas," tuntasnya.

Penulis : Rovi Andila
Editor: Yohanes Santoso

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad