Komitmen Bersama Memelihara Kamtibmas di Kapuas Hulu - Media Khatulistiwa

Breaking

Home Top Ad

kmiklan

Post Top Ad

Wednesday, February 3, 2021

Komitmen Bersama Memelihara Kamtibmas di Kapuas Hulu

Foto: Acara tatap muka Forkopimda Kapuas Hulu dengan tokoh-tokoh di aula DPRD Kapuas Hulu, Selasa (2/2/2021)/ Rovi Andila

Kapuas Hulu - Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menghadiri acara tatap muka yang diadakan Polres Kapuas Hulu, di gedung DPRD Kapuas Hulu, Selasa (2/2/2021). Kegiatan itu turut dihadiri jajaran Forkopimda lainnya, kemudian hadir pula tokoh agama, tokoh adat dan unsur 3 pilar yakni kades, bhabinkamtibmas, babinsa. 
Bupati Kapuas Hulu, AM Nasir menegaskan bahwa keamanan menjadi kunci untuk membangun daerah. Untuk itu keamanan perlu ditingkatkan guna menjaga kenyamanan serta ketertiban di lingkungan masyarakat, mulai dari pusat kota hingga ke desa. "Sampai saat ini Kapuas Hulu masih tetap aman dan kondusif, keamanan harus dijaga terus," katanya saat memberikan sambutan di ruang sidang Paripurna DPRD, Putussibau Utara, Kapuas Hulu, Selasa (2/2/2021). 
Kegiatan tatap muka ini, kata Bupati, adalah upaya dalam rangka menciptakan harkamtibmas yang kondusif. Menurut Bupati ada banyak hal yang bisa memecah belah persatuan, baik melalui media sosial dan sebagainya. "Untuk itu perlu sosialisasi dalam menggunakan sosial media, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Kegiatan ini perlu ditingkatkan terus," katanya. 

Atas nama pemerintah daerah, Bupati Nasir mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan koordinasi yang baik dalam menjaga harkamtibmas. Kadang - kadang terjadi sesuatu yang tidak terduga dan ini sangat membutuhkan koordinasi pihak-pihak terkait. "Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas kerjasama semua pihak dalam menjaga kondusifitas daerah Kapuas Hulu selama ini," ucapnya. 
Sementara itu, Ketua DPRD Kapuas Hulu, Kuswandi menegaskan bahwa membangun Kapuas Hulu perlu mengedepankan solidaritas, sinergitas dari jajaran semua pihak. Terutama dalam hal kamtibmas ini merupakan tanggung jawab bersama. "Situasi kondisi yang berkembang pada saat ini, tentunya merupakan tanggung jawab kita semua, bukan hanya dari pihak TNI/POLRI saja. Perlu ada sinergitas dan solidaritas dalam menyelesaikannya," kata Kuswandi. 

Menurut Kuswandi permasalahan yang terjadi bukan semuanya harus proses di dalam penindakan hukum, ada yang perlu dilakukan pendekatan secara kekeluargaan, agar keamanan dan ketertiban terjaga. Kapuas Hulu sejak lama mengedepankan rasa persaudaraan dan ini bisa dilihat pasca Pilkada semua aman, tertib dan sukses. "Ini berkat kerjasama kita semua dan ini perlu kita pertahankan," ujarnya. 

Dalam sambutan Dandim 1206 Psb, Letkol Inf Jemi Oktis Oil mengatakan, dalam pelaksanaan tugas tentunya setiap instansi memiliki tugas dari masing - masing, namun ada hal yang penting yang perlu dilakukan di dalam menjaga kamtibmas ini. Menurutnya yang paling mendasar adalah bagaimana mempertahankan solidaritas dan sinergitas dalam melaksanakan tugas. "Hubungan yang harmonis dengan semua tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat akan menjadi kekuatan bagi kita dalam membangun kamtibmas Kapuas Hulu agar lebih baik," ujar Dandim.
Kondisi yang sudah baik saat ini harus dipertahankan. Semua pemangku kebijakan harus berupaya untuk mencegah hal-hal yang berkaitan dengan gangguan kamtibmas, ini lebih baik daripada mengatasi atau menyelesaikan masalah yang muncul. "Harkamtibmas terwujud bila masyarakat dan pihak-pihak lainnya harmonis dalam hubungan," katanya. 
Letkol Inf Jemi mengajak agar seluruh jajaran TNI-Polri, camat, kepala desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat serta lainya untuk membangun komitmen yang kuat di tahun 2021, agar situasi kamtibmas di Kapuas hulu ini bisa tetap terjaga dengan kondusif, meskipun dalam suasana wabah pandemi Covid-19 saat ini. "Mari kita berperan memberikan suasana kehidupan yang harmonis di lingkungan atau wilayah kita masing masing," katanya. 

Sementar itu, Kapolres Kabupaten Kapuas Hulu, AKBP Wedy Mahadi mengatakan, sinergitas serta hubungan yang harmonis adalah kunci menjaga stabilitas kamtibmas agar tetap kondusif. Kamtibmas bukan hanya tugasnya Forkopimda saja, tetapi semua pihak termasuk tokoh agama, tokoh adat dan tokoh masyarakat. "Menjaga keamanan itu butuh kerja keras bersama," tuturnya.
AKBP Wedy menuturkan dirinya sudah cukup paham dengan kontur masyarakat di Kapuas Hulu. Selama bertugas sudah semua kecamatan ia singgahi dan terus membangun sinergitas dengan semua pihak. "Pada prinsipnya kita semua harus meningkatkan ukhuwah antara sesama, baik itu di tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan hingga ke tingkat desa," katanya.

Penulis : Rovi Andila

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad